Nge-bloglah maka Kau Ada

Senin, 05 November 2012

 Nge-bloglah maka Kau Ada

Wow, hari ini hari yang sangat mencerahkan bagi mereka-mereka yang (atuapun yang ingin) berkecimpung dalam dunia tulis menulis melalui keyboard. Yes, para blogger (sebutan bagi orang yang memiliki blog, entah itu wordpress, blogger, tumblr, atau lainnya). Mari kita simak beritanya.

Yayasan BaKTI mengadakan pelatihan pembuatan blog dengan judul “Nge-bloglah maka Kau Ada”. Pelatihan ini ditujukan kepada Sahabat BaKTI sebagai salah satu agenda dari bakti untuk mengembangkan kualitas SDM Indonesia khususnya Kawasan Timur Indonesia. Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 3 November 2012 pukul 08.30 – selesai. Menghadirkan blogger Ipul Gassing (www.daenggassing.com), seorang blogger yang berperan penting dalam sejarah komunitas blogger Makassar-Angingmammiri.org. Angingmammiri.org yang berdiri pada 25 November 2009 pada awalnya hanya terdiri dari 7 orang blogger saja, dan sekarang telah berkembang menjadi lebih dari 600 orang. 

Blog adalah singkatan dari “web blog”. Menurut Ipul blog yang merupakan singkatan dari “web blog” yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman umum web, dimana halaman-halaman ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. 

Lanjutnya, blog berbeda dengan website umum, meskipun blog sejatinya adalah sebuah website. Blog memberikan tempat/space/ruan interaksi antara pengunjung dengan author mengenai topik yang ditampilkan, sedangkan website secara umum tidak memberikan ruang interaksi antara pengunjung dengan author mengenai topik yang ditampilkan, meskipun ada beberapa situs yang juga memberikan ruang tersebut. Perbedaan lainnya menurut Ipul, blog dikelola oleh orang-perorangan, sedangkan website pada umumnya dikelola oleh intitusi dan bersifat lebih formal.
Dalam pemaparannya, Ipul menjelaskan bahwa ngeblog itu tidak harus berupa tulisan, pernah dengar photoblog? Atau travelblog? Photoblog adalah blog yang hanya berisi gambar-gambar atau foto-foto author. Mungkin berisi foto-foto hasil tangkapannya ataupun foto-foto yang menginspirasi, sekarang sudah banyak perangkat foto yang sudah terintegrasi sehingga memudahkan orang mengambil foto kapan saja dan dimana saja. Travelblog adalah blog berisi catatan perjalanan si author menyusuri berbagai tempat yang kemudian dibukukan dalam sebuah rangkaian perjalanan atau timeline. 

Ada beberapa layanan blog yang tersedia:
  1. Blogspot
  2. Wordpress
  3. tumblr
  4. Blogdetik.com
  5. Bloggaul
  6. Dagdigdug

Banyak faktor yang membuat seseorang ngeblog, beberapa yang dikemukanan oleh Ipul adalah:
  1.  Sebagai tempat ekspresi diri
  2. Tempat berbagi informasi
  3. Tempat bertukar pikiran
  4. Tempat curhat
  5. Tempat mencari uang

Ada juga fashionblog, yang tentu saja, blog yang didekasikan untuk fashion. Sastrablog, movieblog,foodblog/culinaryblog,  dan techblog juga merupakan beberapa contoh blog spesifik dengan tema tertentu. Yang terakhir, personal blog, blog yang paling banyak dibuat, merupakan blog yang berisi hal-hal personal sesuai dengan keinginan si author.  
Membuat blog itu sebenarnya sangat mudah, yang menjadi masalah adalah bagaimana kita tetap intens dalam menulis. “Intinya, ngeblog itu fun dan passion”, kata Ipul. Sebab menulis blog itu butuh kesabaran dan ketekunan. 

Ipul juga menjelaskan sedikit mengenai social media. Menurutnya, social media sudah menjadi identitas baru. “If you have no social media, you are no one”. 

Dalam pelatihan ini para peserta diajar untuk membuat blog menggunakan Wordpress. Ipul menambahkan, Wordpress memiliki keunggulan di sisi kustomisasi dimana kita dapat mengubah tampilan blog kita dengan menyisipkan kode-kode/ bahasa pemrograman sehingga tampilan blog kita dapat kita sesuaikan dengan kehendak hati. 

Setelah makan siang, Ipul melanjutkan dengan tips-tips dalam menulis blog yang baik, juga mengenai etika dalam berblogging.Ipul menutup pelatihan ini dengan memberikan semangat bahwa blogging itu konsisten, fun, dan passion. Jangan terlalu neko-neko.


0 komentar:

Posting Komentar

 
 

Copyright © 2011 Ardi Delon | Design by BTemplateBox.com™